Latest News

Flickr Images

METODE MENGETIK


 METODE MENGETIK 10 JARI


Menurut Puji dalam bukunya Teknik Penguasaan Keyboard dinyatakan bahwa metode mengetik yang baik adalah dengan menerapkan metode 10 jari dengan system membuta dan berirama.  Dengan menerapkan ketiga metode ini diharapkan dapat mengetik dengan efektif dan efisien. Maksud dari pengetikan yang efektif dan efisien adalah mengetik dengan tidak ada kesalahan dan dilakukan dalam waktu yang singkat.
Adapun pengertian dari ketiga metode tersebut dapat diuraikan sebagai berikut:
1.  Metode 10 Jari
Metode mengetik 10 (sepuluh) jari adalah metode di mana tiap jari melakukan ketikan pada tuts yang telah ditentukan batasnya.  Pada metode ini gerakan jari harus dilakukan dengan ketikan-ketikan teratur dan dibuat seakan-akan otomatis yang keadaannya tergantung semata-mata pada perasaan (touch feeling) kita.
Teknik mengketik atau menombol tuts menggunakan mesin ketik manual membutuhkan ketikan yang lebih kuat dari pada menggunakan keyboard komputer. Hal ini dikarenakan keyboard komputer sifatnya lebih mudah ditekan atau ditombol dibandingkan mesin ketik manual.
Oleh karena itu ketikan atau penombolannya harus dilakukan dengan lembut (soft touch system).

Gambar Fungsi Jari – Jari Tangan Ketika Mengetik 10 Jari



2.  Sistem Membuta
Pada sistem ini pada saat mengetik, maka seluruh perasaan dan pandangan tertuju pada naskah dan tidak boleh melihat tuts atau melihat hasil ketikan pada mesin ketik atau layar monitor.  Jari-jari secara otomatis harus dapat melakukan tugasnya pada tuts yang sudah ditentukan, karena itu tidak perlu lagi melihat tuts. Jadi dapat disimpulkan bahwa mengetik dengan sistem membuta adalah mengetik dengan hanya melihat naskah tanpa melihat tuts atau hasil ketikan.

3.  Sistem Berirama
Sistem berirama adalah suatu system dimana jarak jatuhnya ketikan jari waktu mengetik harus sama dan berurutan sehingga menghasilkan bunyi dan irama yang sama.

0 Response to "METODE MENGETIK"

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *